Sunday, May 22, 2022
spot_img

16 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Sejak Dahulu dan Halal – AEOmedia

Must Read

AEOmedia.com: 16 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Sejak Dahulu dan Halal , beraneka ragam portal hidup sehat memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia olahraga, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu 16 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Sejak Dahulu dan Halal

Hingga kini, DKI Jakarta Masih menjadi ibu kota Indonesia. Untuk Bunda yang sudah sering mengunjungi Jakarta, apakah pernah mencoba makanan khas Betawi yang terkenal?

Betawi adalah sebutan untuk suku asli kota Jakarta. Kuliner Betawi dipengaruhi oleh budaya Cina, Eropa, dan Arab, sehingga memberikan rasa gurih dan sedap.

Makanan Khas Betawi Legendaris

Jika Bunda hendak mencicipi makanan khas Betawi yang terkenal, berikut ini beberapa rekomendasi hidangan menarik dan tentunya lezat!

1. Soto Betawi

Foto: instagram.com/inovpelawi

Soto Betawi adalah makanan khas Betawi yang pertama.

Kuliner Betawi yang terkenal. Saking terkenalnya, soto Betawi bisa Bunda temukan di daerah pinggiran Jakarta, seperti Tangerang, atau Depok.

Tidak berbeda dengan soto lainnya, soto Betawi menggunakan aneka jeroan sapi, dengan campuran santan dan susu, ditambahkan berbagai macam bumbu dan rempah lainnya.

2. Kerak Telor

makanan khas Betawi-2.jpg

Foto: instagram.com/auraboutique_bna

Salah satu camilan favorit, kerak telor adalah makanan khas Betawi yang terbuat dari nasi, dicampur telur dan aneka bumbu lainnya, dan ditaburi serundeng.

Bunda bisa memilih jenis telur ayam yang digunakan, yaitu telur ayam atau telur bebek. Ciri khas kuliner ini adalah cara memasaknya yang menggunakan tungku api, sehingga rasa gurihnya tetap terasa.

3. Asinan Betawi

makanan khas Betawi-3.jpg

Foto: instagram.com/serasa.dapoerindonesia

Berbeda dengan asinan Bogor, asinan Betawi menggunakan ragam sayuran seperti kubis, sawi, taoge, dan yang lainnya. Namun, penyajian asinan Betawi juga menggunakan teknik pengacaran dengan garam dan cuka.

Asinan Betawi juga disajikan dengan kuah gula merah rasa pedas serta manis yang tentunya sungguh menggoda. Cobain yuk Bunda makanan khas Betawi ini.

4. Gado-gado

makanan khas Betawi-4.jpg

Foto: instagram.com/sukmawati_rs

Makanan khas Betawi ini menjadi makanan sehat dan digemari orang yang menjalankan pola hidup vegetarian, karena makanan ini mengandung aneka sayuran, seperti kangkung, kubis, tauge, kacang panjang.

Baca juga :  Viral Wanita Berbagi Makanan, Benda Pengganti Tisu Bikin Nganga - AEOmedia

Gado-gado disajikan dengan menggunakan saus kacang yang gurih dan lezat. Seringkali, gado-gado juga disajikan dengan telur rebus dan emping.

5. Nasi Kebuli

makanan khas Betawi-5.jpg

Foto: instagram.com/amazingindonesiafood

Nasi kebuli adalah makanan khas Betawi yang cukup populer di kalangan warga Betawi keturunan Arab. Karenanya, nasi kebuli memiliki cita rasa rempah yang kaya.

Nasi kebuli dimasak dengan kaldu kambing, susu kambing, atau bisa diganti dengan santan, dan disajikan dengan tumisan daging kambing. Makanan ini paling nikmat bila ditambah asinan nanas.

6. Roti Buaya

makanan khas Betawi-6.jpg

Foto: instagram.com/kokokuliner

Bunda mungkin sudah familiar dengan roti buaya, yang menjadi makanan khas Betawi yang patut dicoba. Roti buaya juga biasanya disajikan di acara pernikahan atau acara tradisional Betawi lainnya.

Roti buaya tradisional merupakan roti tanpa isi. Tetapi saat ini, roti buaya sudah memiliki berbagai macam variasi roti yang diisi aneka macam selai.

7. Nasi Uduk Betawi

makanan khas betawi

Foto: Orami Photo Stock

Mungkin Bunda bertanya-tanya, memang nasi uduk itu makanan khas Betawi ya? Nasi uduk adalah kuliner khas Betawi lainnya. Proses memasak beras untuk nasi uduk adalah dengandiaron dengan menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai lalu dikukus sampai matang. Rasanya gurih dan memiliki aromanya tersendiri.

Nasi uduk Betawi biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng, dengan lauk seperti ayam goreng, sambal dan pelengkap lainnya beserta daun kemangi.

8. Semur Jengkol

makanan khas betawi

Foto: kompas.com

Nah, ini dia nih makanan khas Betawi lainnya yang tidak boleh terlewatkan. Semur jengkol merupakan hidangan khas Betawi yang terkenal dengan bau nya yang kurang sedap, namun enak!

Untuk beberapa orang, bau jengkol mungkin membuat rasa tidak nyaman, tetapi untuk penggemar jengkol, hidangan ini sangatlah digemari.

Masakan ini dimasak dengan jengkol yang memiliki rasa pahit, namun setelah dimasak menggunakan berbagai bumbu dan rempah, jengkol menjadi lezat untuk disantap.

Semur jengkol biasanya disajikan dengan nasi putih atau nasi uduk hangat. Nggak percaya? Langsung cobain aja Bunda di rumah!

9. Kue Cucur

kue cucur khas betawi

Foto: Orami Photo Stock

Sekarang kita beralih ke makanan ringan. Bunda pasti tahu dong kue cucur? Nyatanya kue satu ini merupakan makanan khas Betawi juga Bunda!

Baca juga :  Cake Praktis Bermodal Tepung Premiks, Tinggal Tambah Butter dan Susu - AEOmedia

Kue cucur adalah salah satu kue tradisional Betawi yang sering kita jumpai di pasar tradisional maupun toko kue. Kue ini juga biasanya dihidangkan pada acara upacara pernikahan, potong rambut bayi, dan lainnya.

Kue cucur memang warnanya coklat, namun rasanya manis dengan tekstur tengahnya sungguh lembut, serta renyah di bagian pinggirnya. Kue berbahan dasar beras dan gula merah ini dimasak dengan cara digoreng. Termasuk salah satu makanan khas betawi wajib coba.

10. Lontong Sayur

lontong sayur khas betawi

Foto: Orami Photo Stock

Bunda pasti tidak asing lagi dengan hidnagan satu ini, bahkan mungkin disajikan sebagai hidangan untuk keluarga. Bunda juga tidak akan kesulitan menemukan lontong sayur ketika berada di Jakarta, karena makanan ini masih sangat populer dan memberikan ciri khas budaya Betawi.

Pada awalnya lontong sayur khas Betawi ini hanya akan hadir ketika perayaan Idul Fitri saja. Lontong atau kupat disiram dengan kuah santan dengan racikan bumbu penyedap khas Betawi. Sayur biasanya menggunakan sayur labu atau bisa menggunakan irisan pepaya muda. Akan lebih lezat kalau kamu menambahkan kerupuk dan suiran ayam.

11. Pecak Lele

Bunda pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Betawi satu ini kan? Hidangan ikan lele di Indonesia banyak macamnya.

Pada umumnya, lele hanya diolah dengan cara digoreng dan dinikmati dengan sambel. Namun, pecak lele punya cara penyajian yang terbilang unik.

Ikan lelenya disiram dengan kuah pecak yang terbuat dari santan, saus kacang, air asam jawa membuat cita rasa makanan khas Betawi ini sangat unik. Saat disantap, Bunda akan merasakan lele yang sangat gurih. Jadi lapar ya!

12. Nasi Ulam

Tidak hanya nasi uduk saja yang merupakan makanan khas Betawi, nasi ulam juga, lho!

Nasi ulam adalah nasi yang memiliki citarasa gurih dengan campuran lengkuas, serai, dan daun salam.

Tak hanya sampai itu, nasi yang sudah sedap ini ditaburi dengan bumbu tabur hasil gerusan bawang merah, ketumbar, jintan, terasi, dan cabai.

Makanan khas Betawi ini paling nikmat untuk disantap selagi hangat.

13. Sayur Besan

Satu lagi makanan khas Betawi yang wajib Bunda cobain jika tinggal di Jakarta adalah sayur besan.

Baca juga :  Eksplorasi Buah-buahan, Ini Resep Tropical Dance Steak - AEOmedia

Makanan khas Betawi ini biasanya banyak kita temukan di acara pernikahan. Ini adalah bentuk penghormatan kepada mereka yang menjadi keluarga baru pada hubungan pernikahan sebagai lambang kekeluargaan.

Selain disajikan untuk acara spesial, makanan ini juga tidak selalu bisa ditemukan karena sulit untuk menemukan bahannya.

Dibutuhkan bahan khusus untuk membuat sayur besan yaitu tebu telur. Bagian pucuknya diolah menjadi sayur dan dilengkapi dengan petai, ebi, dan kentang.

14. Soto Tangkar

Ada soto Betawi, ada juga soto Tangkar. Bedanya apa nih? Sesuai namanya, Tangkar berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi.

Makanan khas Betawi ini muncul sejak zaman Belanda. Iga direbus dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti kunyit, lada, daun sereh, daun salam dan santan kelapa.

Hmm sudah terbayang ya aroma harumnya seperti apa, Bunda.

15. Laksa Betawi

Laksa Betawi merupakan makanan khas Betawi dengan pengaruh kuliner Melayu.

Laksa Betawi, hampir mirip dengan Laksa Bogor tetapi kuah Laksa Betawi memakai udang rebon. Laksa berisi sejenis mi dengan kuah rempah yang kental.

16. Sayur Babanci

Pernahkah Bunda mendengar tentang makanan khas Betawi satu ini?

Sayur Babanci atau Ketupat Babanci merupakan sajian ketupat yang disantap dengan kuah santan yang telah dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, dan rempah-rempah lainnya. Sayur Babanci ini juga biasanya diberi tambahan potongan daging sapi.

Konon, nama babanci diambil dari sifat sayur ini yang tidak jelas kelaminnya alias banci. Tak seperti namanya (sayur), makanan khas Betawi ini bahkan tidak ada sayurnya sama sekali.

Itu dia Bunda, berbagai makanan khas Betawi yang terkenal akan kelezatannya. Apakah Bunda ingin mencobanya kembali?


Kesimpulan
Dari sedikit berita di atas semoga memberikan tambahan perihal seputar dunia hidup sehat dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas 16 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Sejak Dahulu dan Halal  Ini menjadikan anda semakin tertarik

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Inilah Game Dekor Rumah yang Paling Menarik Untuk Dimainkan

Memang akan sangat mengasyikan jika bisa bermain game yang isinya bercerita tentang aktivitas sehari-hari seperti di kehidupan nyata. Kerennya...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -