Sebuah sejarah tercatat oelh pemain sepak bola asal China, dia bernama Wu Lei. Wu Lei Menjadi orang China pertama yang berhasil membobol klub Besar Asal Katalan Barcelona. Winger RCD Espanyol tersebut menyelamatkan timnya dari kekalahan di kandang sendiri di Stadion Carlos del Cerro Grande, Sabtu (4/1) malam waktu setempat.

Espanyol sempat tertinggal 1-2 dari Barcelona. Gol Wu Lei pada menit ke-88 membuat skor sama kuat 2-2 hingga laga berakhir.

Tim tuan rumah berhasil mencetak gol setelah Blaugrana bermain dengan 10 pemain. Gelandang skuat arahan Ernesto Valverde, Frenkie de Jong, mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-75 karena menarik kaus Jonatan Calleri.

Wu Lei memang beberapa kali membuat pertahanan Barcelona kerepotan. Dia baru bisa menceploskan bola ke gawang Neto setelah menerima operan Matias Vargas.

Pemain 28 tahun itu pernah mengundang kehebohan saat menjalani debut membela Espanyol di Liga Spanyol. Dilansir dari Talksport, penampilannya disaksikan sekitar 40 juta penonton televisi dari China.

Saat itu dia tampil dari bangku cadangan saat Espanyol menghadapi Villarreal pada Liga Spanyol musim lalu. Pertandingan tersebut berakhir 2-2.

Angka 40 juta tersebut jauh berbeda dibandingkan dengan jumlah penonton televisi di Spanyol yang hanya 177 ribu pemirsa layar kaca.

Pemain kelahiran Nanjing menjadi pemain yang amat diidolakan publik sepak bola di negaranya. Saking terkenal, Wu Lei sampai dijuluki Maradona dari China.

Wu Lei termasuk penyerang yang serbabisa. Dia bukan hanya piawai sebagai winger. Mantan pemain Shanghai SIPG itu juga bisa ditempatkan sebagai second striker dan striker.

Di antara kelebihan Wu Lei adalah insting gol yang cukup tajam dan kecepatannya luar biasa di lini depan.

Musim lalu dia mencetak tiga gol dalam 12 kali penampilannya di Liga Spanyol. Musim ini dua sudah 28 kali tampil dan mencetak enam gol untuk Espanyol di seluruh kompetisi.

Di Shanghai SIPG, Wu Lei bermain selama 13 musim dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah klub itu yaitu 169 gol.

Wu Lei juga tercatat sebagai top skor kedua sepanjang masa di Liga Super China dengan koleksi 102 gol.

Dia juga pernah dijuluki sebagai pemain ajaib setelah menjalani debutnya di Liga Super China dengan usia 14.