Survei Indostrategic: PDIP masih jadi partai yang dipilih, Prabowo dan Anies bersaing di posisi capres – AEOmedia

  • Whatsapp
Jokowi dan Prabowo di Istana Merdeka Oktober 2019.

AEOmedia.com | Berita Terkini : Survei Indostrategic: PDIP masih jadi partai yang dipilih, Prabowo dan Anies bersaing di posisi capres, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Survei Indostrategic: PDIP masih jadi partai yang dipilih, Prabowo dan Anies bersaing di posisi capres, Kami merangkum informasi terbaru ini dari Beragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih berjaya sebagai partai yang dipilih rakyat meski berbagai kasus hukum menimpa para kadernya. Elektabilitas PDIP masih belum tergoyahkan. Hal ini terbukti dari hasil survei Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) bertajuk “Mengukur Elektabilitas Capres Potensial, Partai Politik & Aspirasi Perubahan Sistem Pemilu 2024”.

Dalam hasil survei ini, PDIP masih jadi partai politik yang banyak dipilih responden, jika Pemilu dilakukan saat ini. PDIP dipilih oleh 18,5% responden, disusul Partai Gerindra (11,5%), Partai Demokrat (8,9%), PKS (8,5%), Golkar (6,9%), dan PKB (5,5%).

Meski demikian, potensi parpol lain untuk mengakangi PDIP juga masih sangat terbuka lebar. Karena terdapat 30,2% pemilih yang belum terbuka dengan pilihannya. Plus, ada 1,9% yang memilih Golput.

PDIP dan Gerindra dinilai masih mampu menjaga basis elektabilitasnya dengan baik. Berbeda dengan Partai Golkar yang elektabilitasnya menunjukkan penurunan cukup serius.

“Berdasarkan basis data ini, lompatan elektabilitas terbesar terjadi pada Partai Demokrat, yang merangsek ke posisi tiga besar. Hal itu kemungkinan dipengaruhi oleh respons publik pascaprahara KLB Moeldoko, yang ditangani dengan komunikasi politik yang baik oleh ketua umumnya Agus Harimurti Yudhoyono, sehingga memunculkan keuntungan elektoral bagi partainya,” ujar Indostrategic dalam keterangan pemaparannya seperti dilihat dari laman resminya, Kamis (5/8/2021).

Survei Indostrategic ini dilaksanakan pada 23 Maret-1 Juni 2021 di 34 provinsi di seluruh Indonesia melalui pendekatan face to face interview, dengan tetap berusaha mengedepankan protokol kesehatan pandemi Covid-19.

Metode penarikan sampel dilakukan melalui Multi-Stage Random Sampling dengan jumlah sampel 2.400 responden, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan level margin of error 2 persen.

Prabowo bersaing dengan Anies

Sedangkan untuk posisi calon presiden pada 2024 mendatang, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di posisi puncak, bersaing ketat dengan Anies Baswedan di tempat kedua.

Jokowi dan Prabowo di Istana Merdeka Oktober 2019. Foto Setkab.go.id/OJI

“Jika Pemilu dilaksanakan hari ini, tokoh dengan elektabilitas tertinggi adalah Prabowo Subianto (17,5 Persen), disusul Anies Baswedan (17,0 Persen),” ujar Direktur Eksekutif Indostrategic Ahmad Khairul Umam dalam pemaparan hasil survei di laman resmi Indostrategic.

Sedangkan di posisi ketiga ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan perolehan 8,1 persen dan urutan keempat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan 7,0 persen.

Pada urutan berikutnya ada nama Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno dengan raihan 6,8 persen. Disusul Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 6,4 persen.

“Kemudian ada Tri Rismaharini (4,1 persen), Gatot Nurmantyo (1,8 persen), Khofifah Indar Parawansa (1,8 persen), dan Erick Thohir (1,0 persen),” ujar Umam.

Survei Indostrategic ini menggunakan metode Multi-Stage Random Sampling yang melibatkan jumlah sampel 2400 orang responden di 34 provinsi dengan margin of error 2 persen.

Gubernur Anies Baswedan
Gubernur Anies Baswedan. Foto Instagram @aniesbaswedan

Survei digelar sejak tanggal 23 Maret-1 Juni 2021 dengan tetap berusaha mengedepankan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *