Jawapos

Ahli Khawatirkan Efek Samping Obat Covid-19 Steroid Picu Diabetes – AEOmedia

AEOmedia.com: Ahli Khawatirkan Efek Samping Obat Covid-19 Steroid Picu Diabetes, beraneka macam berita sehat itu nikmat memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia olahraga, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu Ahli Khawatirkan Efek Samping Obat Covid-19 Steroid Picu Diabetes.

– Seseorang setelah pulih dari Covid-19 bisa mengalami efek jangka panjang tertentu seperti kelemahan ekstrem, nyeri tubuh, masalah pernapasan, depresi, dan lainnya. Bahkan data terbaru menunjukkan angka kasus diabetes meningkat selama pandemi Covid-19.

Director of Medical Education Dr M.B.R. Sarma dari India mengatakan hampir 500 kasus diabetes baru ditemukan dalam rentang waktu 15 hari pada pasien pasca-Covid. Dia mengatakan virus itu menyerang pankreas, menyebabkan diabetes. Penggunaan steroid juga bisa menjadi alasan untuk itu.

Baca juga :  Kemenkeu: Kebijakan Penarikan PPN Sembako Dan Sekolah Masih Dikaji - AEOmedia

Steroid jenis tertentu dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Jika kondisi itu terjadi berkelanjutan, fungsi insulin akan menurun sehingga terjadilah penyakti diabetes melitus.

Dr Sarma ingin dokter berhati-hati dam menggunakan steroid pada pasien Covid-19. Sebab pengobatan hanya diberikan setelah tujuh hari dan itu juga jika kadar oksigen turun di bawah 92. Ia khawatir pemberian steroid sejak hari pertama dapat menyebabkan efek samping.

Dikatakannya, belum diketahui apakah diabetes tersebut bersifat sementara atau permanen pada pasien sembuh Covid-19. Dan harus diwaspadai selama enam bulan lagi seperti dilansir dari deccanchronicle, Jumat (4/6).

Mantan Wakil Rektor Universitas Kesehatan NTR dan juga mantan Direktur Pendidikan Kedokteran, Dr  I.V. Rao, mengatakan pasien pasca-Covid-19 terlihat menderita kelelahan ekstrem, demam rendah terus menerus, batuk dan pilek. Apalagi jika tertular varian virus B.1.617 menjadi lebih parah.

Baca juga :  Pemda Diminta Bekerja Keras Tekan Angka Kematian Kasus Covid-19 - AEOmedia

Dia menyarankan asupan multivitamin, makanan bergizi seperti buah-buahan kering dan pengobatan tepat waktu harus dilaksanakan pada pasien diabetes. Dia menekankan perlunya mengikuti protokol keselamatan Covid-19 secara ketat seperti memakai masker, menjaga jarak fisik dan sanitasi.

Dia memperingatkan bahwa virus menyebar dengan cepat. Orang harus menjaga kesehatan mereka dan meremajakan paru-paru mereka dengan melakukan latihan pernapasan dan lain-lain. Serta menghindari depresi dan tetap menjaga protokol kesehatan. (*)

 

 

Kesimpulan
Dari sedikit kabar di atas semoga memberikan tambahan pendapat seputar dunia sehat itu mudah dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas Ahli Khawatirkan Efek Samping Obat Covid-19 Steroid Picu Diabetes Ini menjadikan anda semakin tertarik

Baca juga :  Sehari 347 Orang Positif Covid-19, Meninggal Dunia 15 Jiwa - AEOmedia

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ahli Khawatirkan Efek Samping Obat Covid-19 Steroid Picu Diabetes – AEOmedia yang dipublish pada 4 June 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment