Jawapos

Kasus Positif dan Kematian Konsisten Rendah, Contohlah Surabaya! – AEOmedia

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari Beragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Kasus Positif dan Kematian Konsisten Rendah, Contohlah Surabaya!.

– – Kota Surabaya patut diacungi jempol. Ibu kota Jawa Timur ini tercatat sebagai kota yang paling konsisten sepanjang tahun 2021 dengan mencatatkan positivity rate kasus Covid-19 yang rendah, dan angka kematiannya pun juga rendah.

Mengapa Surabaya bisa berhasil?

Berdasarkan data KawalCovid19, tingkat positivity rate PCR Surabaya stabil di bawah 5 persen selama setahun. Hal itu sesuai harapan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa dalam suatu wilayah tak boleh di atas 5 persen.

Angka positivity rate Surabaya tercatat sebesar 0,8 persen. Sementara di luar Surabaya, angka positivity rate masih 16 persen.

Baca juga :  Sasar 45 Ribu Peserta, Prudential Indonesia Gelar Sentra Vaksinasi - AEOmedia

Data KawalCovid19 menyebutkan ada empat hal yang membuat Surabaya bisa berhasil mencapai hal itu.

Apa saja?

1. Positivity rate dan tingkat kematiannya rendah dibanding kabupaten/kota lainnya di Jatim

2. Surabaya tahun lalu membuat lab PCR sehingga bisa proses ribuan sample per hari.

3. Tahun lalu Surabaya menyadari klaster penularan terbesar di rumah tangga (menulari orang serumah). Karena itu, swab hunter mereka difokuskan di perumahan serta rusun dan perkampungan.

4. Surabaya juga sering dropping makanan dan kebutuhan sehari-hari ke rumah-rumah keluarga yang diisolasi. Isolasi dan karantina ini dilakukan baik melalui isolasi terpusat yang gratis maupun bantuan keluarga yang diantar ke rumah.

Baca juga :  Jokowi Targetkan Jumlah Vaksinasi Covid-19 Dua Kali Lipat Per Agustus - AEOmedia

“Dengan tes dan karantina yang masif tapi terarah, Surabaya sukses menekan laju kematian,” tegas Co-Founder KawalCovid-19 Elina Ciptadi kepada , Kamis (3/6).

Surabaya juga konsisten melakukan hal ini. Sekalipun terlihat lonjakan pascaliburan, namun angka positivity rate tetap di bawah 5 persen.

“Testing masif, yang dikarantina juga jadi banyak, penularan turun. Positivity rate di bawah 1 persen. Pas lonjakan kasus setelah libur Nataru, sempet naik tapi ya naiknya jadi 2 persen. Ayo contoh Surabaya,” kata Elina.

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan pandangan anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Kasus Positif dan Kematian Konsisten Rendah, Contohlah Surabaya! Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan mudahnya mendapatkan informasi dari dari internet.
[ad_2]
Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Dony

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kasus Positif dan Kematian Konsisten Rendah, Contohlah Surabaya! – AEOmedia yang dipublish pada 4 June 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment