Dimasukkan ke Peti Mati

AEOMedia.com, Berita Viral – Warga +62 dibuat heboh dengan beredarnya video salah seorang warga yang tidak menggunakan masker dimasukkan ke dalam peti mati di akun Instagram @warung_jurnalis. Dalam video tersebut terlihat petugas Satuan Polisi Pamong Praja sedang menindak warga yang tak memakai masker di kawasan Kalisari Pasar Rebo Jakarta Timur pada Rabu (2/9).

Kasatpol PP Jakarta Timur, Budhy Novian mengatakan saat itu memang beberapa warga yang tak pakai masker ditindak dengan dimasukan ke dalam peti mati.

“Tadi kalau enggak salah ada dua orang yang ditindak. Coba nanti saya cek lagi,” kata Budhy saat dikonfirmasi pada Rabu (2/9).

Budhy menjelaskan awalnya para pelanggar sedang mengantre giliran untuk melakukan kerja sosial, yakni menyapu jalanan selama satu jam.

“Jadi saat itu lagi banyak yang ngantri. Kebetulan petugas di Pasar Rebo lagi bawa peti mati kosong. Lalu petugas tanya ke pelanggar ‘mau masuk peti mati atau nunggu?” ujar dia.

Alhasil, beberapa pelanggar setuju untuk masuk peti mati selama beberapa menit demi mempersingkat waktu. Mereka yang masuk ke dalam peti kata Budhy mengaku jera dan akan patuh memakai masker selama keluar rumah.

Budhy mengatakan, peraturan ini masih dalam tahap uji coba. Jika tindakan ini memberikan dampak baik untuk masyarakat, akan diusulkan untuk diberlakukan secara permanen. Peti mati yang digunakannya juga dijaga agar selalu steril.

“Kami juga pakai disinfektan ke peti mati agar tetap steril setelah dimasukkan pelanggar,” tutur dia.