Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa lebih dari 15% dari kawasan Jakarta Yang terkena Bencana Banjir pada 1 Januari 2020 lalu. Kawasan yang terdampak itu bervariasi yakni dengan ketinggian 10-30 cm ada di 120 RW, 31-70 cm ada di 130 RW, 71-150 cm ada 115 RW, dan lebih dari 150 cm ada di 20 RW.

Anies menuturkan 85 persen sisanya yang tak menjadi korban banjir diharapkan dapat membantu meringankan warga yang terdampak. Adapun, Anies juga meminta agar penanganan banjir saat ini tak hanya terpusat di ibu kota. Menurutnya, banjir besar yang terjadi awal tahun ini juga terjadi di sejumlah wilayah penyangga seperti Bogor, Depok, Tangerang, hingga Bekasi.

“Jangan sampai saudara di luar Jakarta tidak dapat perhatian karena semua perhatian ke Jakarta, padahal mereka juga perlu penanganan cepat,” katanya.

Banjir melanda sejumlah wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya, Rabu (1/1). Banjir terjadi setelah hujan lebat mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak malam pergantian tahun.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga hari ini pukul 09.00 WIB, setidaknya 43 orang tewas akibat banjir yang terjadi di sekitar wilayah Jabodetabek. Daerah dengan korban terbanyak ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.