Van de Beek

AEOMedia.com, Liga Inggris – MU telah menyepakati transfer Van de Beek dengan Ajax senilai GBP 40 juta (sekitar Rp 780 miliar). Pesepakbola berusia 23 tahun itu disebut-sebut bersedia dikontrak selama lima tahun ke depan di Old Trafford.

Meski begitu, kepindahan Van de Beek ke Man United dilaporkan baru akan diresmikan setelah gelarn UEFA Nations League. Saat ini Van de Beek sedang mempersiapkan diri bersama timnas Belanda untuk melakoni dua laga internasional menghadapi Polandia dan Italia.

Di MU, Donny van de Beek diyakini akan memilih jersey nomor 34. Menurut pemberitaan Daily Mail, Van de Beek ingin menghormati teman masa kecil sekaligus mantan rekan setimnya di Ajax, Abdelhak ‘Appie’ Nouri, yang memakai nomor serupa di Ajax.

Nouri mengalami gagal jantung sehingga pingsan di atas lapangan saat tampil dalam laga ujicoba melawan Werder Bremen pada 2017. Nouri kemudian koma dalam waktu yang lama sebelum akhirnya siuman tapi mengalami kerusakan otak permanen.

Kedatangan Van de Beek semakin meningkatkan persaingan di lini tengah Setan Merah yang lebih dahulu diisi pemain-pemain top macam Paul Pogba, Bruno Fernandes, Juan Mata, Nemanja Matic, dan Scott McTominay. Untuk memberi ruang kepada Van de Beek, Manchester United diyakini akan menyingkirkan dua pemain yaitu Jesse Lingard dan Andreas Pereira.

Namun demikian, Van de Beek diingatkan bahwa bermain untuk Man United berarti akan menerima sorotan yang jauh lebih besar ketimbang di Ajax. Van de Beek diminta untuk kuat secara mental.

“Donny akan didatangkan sebagai pembelian besar Manchester United, tapi dia akan menyadari bahwa 22 pemain lain di sana juga didatangkan sebagai ‘pembelian besar’. Salah satunya bahkan merupakan transfer lebih besar daripada yang lainnya,” kata eks bomber MU dan timnas Belanda Robin van Persie.

“Itu berarti bahwa dia harus langsung unjuk gigi dan harus siap mental. Karena Manchester United dalam berbagai hal adalah klub yang buas,” kata dia, terkait Donny van de Beek.