Pabrikan Ponsel China yang sedang naik daun saat ini yakni Xiaomi, Oppo dan Vivo, memberikan sebuah kabar gembira untuk para penggunanya. Ketiga merk ini menjalin aliansi untuk menyerang pasar global.

Menurut siaran pers yang ada di halaman resmi website Oppo, ketiga merek tersebut juga memungkinkan lebih banyak ponsel berbasis Android untuk turut bergabung dalam gerakan ini.

Aliansi tersebut akan memungkinkan pengguna untuk mengirimkan file, gambar, dan video tanpa perlu koneksi internet. Oppo mengklaim inovasi ini mencerminkan bagaimana sistem operasi besutannya ColosOS, terbuka untuk bekerja sama dengan platform lain.

“Kemitraan tiga merek ini bertujuan untuk membawa jutaan penggunaan Oppo, Vivo dan Xiaomi di seluruh dunia berbagai file lebih mudah dan lebih berpusat pada pengguna. Ini adalah langkah pertama yang signifikan bagi Oppo, Vivo dan Xiaomi untuk melayani pengguna mereka secara lebih baik, dan kami juga menyambut merek smartphone Android lainnya untuk terlibat dan memberikan pengalaman yang lebih terbuka, mudah dan interaktif bagi pengguna,” kata Vice President of Oppo and President of Software Engineering Business Division, Andy Wu.

Fungsi transfer file tersebut memindai perangkat menggunakan Bluetooth Low Energi (BLE) yang menawarkan jangkauan yang lebih luas serta konsumsi daya yang lebih rendah, dan mentransmisikan file menggunakan teknologi Wi-Fi P2P (Peer to Peer), yang lebih cepat dari Bluetooth tetapi tidak akan menganggu konektivitas internet Wi-Fi. Transfer file lintas merek ini menjanjikan kecepatan transfer sekitar 200 MB/detik.

Pengguna dapat menggeser layar dari atas ke bawah untuk menampilkan menu drop-down pada ponsel Oppo dengan ColorOS 7, di mana selanjutnya akan menemukan tombol “Oppo Share”, yang harus ditekan lama untuk masuk. Hal ini juga dapat dilakukan pada ponsel Vivo atau Xiaomi yang berniat untuk mengirim atau menerima file. Oiya, pengguna juga dapat mengirim beberapa file secara bersamaan.