Ilustrasi Puasa. Foto: CNN

Keutamaan puasa tarwiyah dan arafah, niat dan tata cara lengkap – AEOmedia

AEOmedia.com | Berita Terkini : Keutamaan puasa tarwiyah dan arafah, niat dan tata cara lengkap, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Keutamaan puasa tarwiyah dan arafah, niat dan tata cara lengkap, Kami merangkum informasi terbaru ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Dalam hadits yang menyebutkan terdapat keutamaan puasa pada hari tarwiyah dan arafah, bagi yang melaksanakan puasa sunnah maka diampuni dosanya.

Keutamaan dalam menjalankan puasa antara tarwiyah dan arafah sendiri berbeda, dimana puasa tarwiyah memiliki keutamaan dihapuskan dosa selama satu tahun sedangkan arafah dihapuskan dosa selama dua tahun.

“Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas” (HR. Muslim).

Ilustrasi Puasa. Foto: CNN
Ilustrasi Puasa. Foto: CNN

Sayangnya, hadits tersebut termasuk dhaif (kurang kuat riwayatnya), tetapi para ulama memperbolehkan untuk tetap mengamalkannya dalam rangka fadla’ilul a’mal (untuk memperoleh keutamaan). Terlebih, hadits yang dimaksud tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum.

Tata Cara Berpuasa

Tata cara puasa Tarwiyah dan Arafah sama seperti puasa wajib atau puasa sunah lainnya. Umat muslim tidak boleh makan minum, menahan hawa nafsu, dan hal lain yang membatalkan puasa lainya dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Selain itu, umat muslim juga dianjurkan untuk tidak melakukan perbuatan yang membatalkan puasa. Sebelumnya, kalian perlu makan sahur dan membaca niat puasa tarwiyah.

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Berqurban memanglah ibadah paling utama bagi umat Islam. Namun, 10 hari pertama di Bulan Dzulhijjah merupakan hari-hari yang memiliki banyak keutamaan untuk beribadah.

Makan sahur
Ilustrasi makan sahur ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/hp.

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ

Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah).” (HR. Ahmad, disahihkan Syaikh Ahmad Syakir).

Salah satunya adalah berpuasa di Hari Tarwiyah dan Arafah yang laksanakan pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak sedang menunaikan ibadah haji.

“Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun.” HR. Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar.

Berpuasa di Hari Tarwiyah dan Arafah merupakan puasa sunnah, sehingga dianjurkan berniat di malam hari atau sebelum subuh, namun jika lupa, diperbolehkan untuk dilakukan di siang hari selama orang yang berpuasa belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa dari waktu subuh hingga waktu dzuhur. Yuk, simak niatnya:

Ilustrasi Lailatul Qadar. Foto: Pixabay/surgull01
Ilustrasi Lailatul Qadar. Foto: Pixabay/surgull01

1. Niat Puasa Tarwiyah
وَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ لِلهِ تَعَالَى
Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i sunnati yaumit tarwiyah lillâhi ta‘ālā.
Artinya,Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT.”

2. Niat Puasa Arafah
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ.
Artinya,Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

Demikian keutamaan bagi umat muslim menjalankan puasa tarwiyah dan arafah.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Keutamaan puasa tarwiyah dan arafah, niat dan tata cara lengkap – AEOmedia yang dipublish pada 2 September 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment