Analisa Ahli Kenapa Virus Corona Belum Masuk Indonesia Sampai Saat ini

Hermawan Saputra yang merupakan dewan pakar ikatan ahli kesehatan masyarakat Indonesia dan jug apersatuan rumah sakit Seluruh Indonesia memberikan sebuah analisa tentang kenapa Virus Corona belum masuk Indonesia sampai saat ini.

Menurut Hermawan, bahwa salah satunya karena perbedaan ras dengan negara-negara yang masif terpapar corona.

“Karena kita ini tergolong dalam rumpun ras Melayu, maka reseptornya dianggap berbeda,” ungkap Hermawan dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (29/2).

Menurut Hermawan, sejauh ini negara Italia, Irak, Korea Selatan, Singapura dan Malaysia terdapat kasus Corona di negaranya.

Untuk Korea tergolong memiliki geografis yang berdekatan.

Sementara Singapura dan Malaysia juga punya ras yang sama dengan Indonesia yaitu Melayu. Kendati begitu, Hermawan menjelaskan, bahwa Indonesia punya kelebihan tersendiri, sehingga mampu menangkal virus tersebut.

Hermawan menilai, Indonesia punya banyak tenaga kesehatan yang dianggap dapat melakukan deteksi dini virus corona. “Kita juga punya tenaga surveilance tersebar di seluruh Indonesia. Artinya human resource cukup melakukan early detection,” jelas Hermawan.

Hermawan juga menduga, ada tiga teori yang membuat Indonesia tidak mendeteksi adanya virus corona. Pertama, laporan penderita corona terlapor di bawah, tetapi tidak sampai di pusat.

“Kedua apakah failure detection? Ketiga apakah ada dismatch antara standar WHO dengan program di Indonesia,” pungkas Hermawan.