Ilustrasi Puasa. Foto: Pikiran Rakyat

Niat puasa arafah serta keutamaannya, termasuk hapus dosa 2 tahun lalu – AEOmedia

AEOmedia.com | Berita Terkini : Niat puasa arafah serta keutamaannya, termasuk hapus dosa 2 tahun lalu, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Niat puasa arafah serta keutamaannya, termasuk hapus dosa 2 tahun lalu, Kami merangkum informasi ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Banyak keutamaan dari amalan sunah puasa arafah. Untuk itu, umat muslim perlu ketahui niat puasa arafah dan tata caranya.

Puasa arafah termasuk salah satu amalan utama di awal bulan Dzulhijjah, yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini bisa dilaksanakan bagi umat muslim yang tidak menjalankan ibadah haji. Simak niat puasa arafah berserta keutamannya berikut ini.

Niat puasa arafah

Sebelum menjalankan puasa arafah, wajib membaca niat berdasarkan waktunya. Pada malam hari sebelum berpuasa membaca:

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati Arafah lillaahi ta‘aalaa.”
Artinya: “Saya berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

Lalu di pagi hari, selama tidak makan dan minum dari waktu subuh membaca niat puasa arafah seperti berikut:

“Nawaitu shauma haadzal yaumi ‘an adaa’i sunnati Arafah lillaahi ta‘aalaa.
Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Arafah hari ini karena Allah SWT.”

Ilustrasi Puasa. Foto: Pikiran Rakyat
Ilustrasi Puasa. Foto: Pikiran Rakyat

Tata cara

Puasa arafah dilakukan sama seperti menjalankan ibadah puasa lainnya. Puasa mulai dilaksanakan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Keutamaan puasa arafah

  • Menghapus dosa dua tahun lalu

Rasulullah SAW bersabda, “Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu” (HR Muslim).

  • Keutamaan 10 hari pertama Dzulhijjah

10 hari pertama di bulan Dzulhijjah tergolong istimewa.

“Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu: Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya: Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah? Beliau menjawab: Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun.” (HR. Imam Bukhori).

Keutamaan puasa Arafah berikutnya adalah meneladani sunnah Rasulullah SAW. “Ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah yaitu puasa asyura, puasa hari arafah, puasa tiga hari setiap bulan dan shalat dua rakaat sebelum subuh.” (HR. An Nasa’i dan Ahmad).

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Niat puasa arafah serta keutamaannya, termasuk hapus dosa 2 tahun lalu – AEOmedia yang dipublish pada 1 September 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment